Hikmah|Hadits|Jum'at

Hari jum'at merupakan sebuah hari yang mungkin bisa dibilang "istimewa" bagi kita kalangan Moslem, pernah bertanya kenapa musti hari jum'at yang istimewa? kenapa gak hari lain aje?!?!? jika tidak, ada ea sudah..... ane akan tetep nglanjutkan... kekekekek.


Di dalam sebuah hadits yang berbunyi :

hari yang paling baik dari hari yang lain
Abu Hurairah meriwayatkan bahwa Rasulullah pernah bersabda:" Hari terbaik di mana pada hari itu matahari terbit adalah hari Jumat. Pada hari itu Adam diciptakan, dimasukkan surga serta dikeluarkan darinya. Dan kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jumat".
 
So, dapat di simpulkan kalau hari jum'at itu lebih mulia bila dibandingkan dengan hari-hari yang lain........

Trus ada lagi yang ini :

hari yang mustajab untuk berdo'a


Abu Hurairah berkata Rasulullah saw pernah bersabda:" Sesungguhnya pada hari Jumat terdapat waktu mustajab bila seorang hamba muslim melaksanakan shalat dan memohon sesuatu kepada Allah pada waktu itu, niscaya Allah akan mengabulkannya. Rasululllah mengisyaratkan dengan tangan beliau sebagai gambaran akan sedikitnya waktu itu" (H.R  Muttafaqun Alaih)



Sampai disini dapat di simpulkan kembali bahwa pada hari Jum'at merupakan salah satu waktu yang mustajab (waktu yang ajib) untuk berdo'a, 
NB : berdo'a pada waktu yang mustajab akan lebih mudah terkabul daripada waktu yang tidak mustajab, meskipun keduanya tetap akan terkabul.

Keutamaan yang lain adalah sesuai dengan arti hadits yang di riwayatkan oleh Imam Ibnu Qayyim berkata:
" Sedekah pada hari itu dibandingkan dengan sedekah pada enam hari lainnya laksana sedekah pada bulan Ramadhan dibanding bulan-bulan lainnya".Sedangkan hadits dari Sahabat Kaab menjelaskan:" Dan sedekah pada hari itu lebih mulia dibanding hari-hari selainnya".(Mauquf Shahih)

Hadits Jum'at berikutnya :

hari raya dalam satu minggu
Sahabat Ibnu Abbas berkata : Rasulullah saw bersabda: "Hari ini adalah hari besar yang Allah tetapkan bagi ummat Islam, maka siapa yang hendak menghadiri shalat Jumat hendaklah mandi terlebih dahulu, jika ia memiliki wangi-wangian maka hendaknya dia memakainya dan bersiwaklah” (HR. Ibnu Majah dan haditsnya dinyatakan hasan oleh Al Albani)

Dari Hadits diatas, bisa kita simpulkan bahwa hari Jum'at merupakan hari raya yang ada pada tiap minggunya..... (enak dunk, hari rayanya sering sering!)

ini saya anggap yang terakhir ea.....

menyelamatkan dari siksa kubur
Diriwayatkan oleh Ibnu Amru , bahwa Rasulullah y bersabda:Setiap muslim yang mati pada siang hari Jumat atau malamnya, niscaya Allah akan menyelamatkannya dari fitnah kubur. (HR. Ahmad dan Tirmizi, dinilai shahih oleh Al-Bani).

dan sebenarnya masih buanyak lagi yang lain, tapi yang jelas itu saja ane pikir sudah mampu menyenggol dikit hati ente-ente semua..... kekekek
kalau udah tersenggol ntar khan pasti nyari-nyari, setelah nyari nyari pasti akan dapat banyak..... nah setelah itu selamat dech untuk ente yang mau seperti itu.......

Semoga bermanfaat ea....... salam hangat dari Ane
Load disqus comments

0 Coretan