Merubah Flash Disk Menjadi Disk Windows 7


Saya pernah mengalami kesulitan yang lumayan membuat dengkul pening, ada netbook milik teman yang rusak kemudian dia menyuruh ane untuk menginstal ulang win 7 di dalamnya, ane terim aja....... ech sesampainya di rumah ane bingung
cara masukin Disk Win 7 nya lewat mana (karena emang netbook kan di produksi tanpa harddisk).
Akhirnya mbah Google jadi salah satu yang terbayang bayang di angan, sebenarnya udah buanyak yang share trick ini, namun menurut ane kagak ada salahnya juga ane ikut-ikutan sharing,.... eheheh!
Berikut Cara Membuat Flash Disk Agar Bisa Booting Untuk Install Windows 7
1.      Siapkan secangkir kopi hangat.
2.      Fd (FlashDisk)  minimal 4 GB karena kapasitas dari file Windows 7 Ultimate sendiri kurang lebih 3 GB dan ada pula yang lebih, tapi punya ane cuman 4 GB kurang dikit.
3.      Yang penting juga siapkan juga Laptop atau PC yang ada DVD drivenya.
4.      Dvd Windows 7 Ultimate.
Oce....... perabot udah siap, sekarang melangkah ke proses pembuatan Disk dari FD
1.      Masukkan FD ke colokan USB laptop kamu, tapi jangan lupa backup dulu isinya, karena nantinya kita akan memformat Si FD ini.
2.      Setelah FD connect+sincron, Buka jendela Command Prompt dengan menekan tombol di keyboard Simbol Windows + R, ketik cmd lalu klik Enter
3.      Di jendela Command Prompt yang baru muncul, ketik DISKPART dan tekan ENTER.
4.      Ketik LIST DISK kemudian ENTER, akan muncul semua ukuran drive. Lihatlah ukuran dari masing-masing drive untuk mengenal yang mana FD dan HarDisk kamu. (Di laptop saya, Disk 0 ukurannya 298 GB dan Disk 1 ukurannya 3856 MB. Berarti, Disk 1 adalah FD 4 GB saya)
5.      Ketik perintah berikut secara berurutan :
SELECT DISK 1 enter
CLEAN enter
CREATE PARTITION PRIMARY enter
SELECT PARTITION 1 enter
ACTIVE enter
FORMAT FS=NTFS enter
Tunggu sampai 100 % completed
Klik EXIT dan tekan enter.
6.      Minimize jendela Command Prompt tadi
7.      Masukkan DVD Windows 7 ke dalam DVD drive dan perhatikan Drive Letter DVD drive tadi (nama drive yang terbaca). Ingat Drive Letter DVD drive dan FD kamu. (Pada laptop saya, drive F adalah DVD Windows 7 dan drive G adalah flash disk saya).
8.      Maximize jendela Command Prompt yang tadi kamu Minimized, ketik perintah berikut satu demi satu :
F:CD BOOT dan tekan enter (F adalah drive DVD Windows 7 saya) 
CD BOOT tekan enter
BOOTSECT.EXE/NT60 G: tekan enter (G adalah flash disk saya)
9.      Tutup jendela Command Prompt.
10.  Copy semua file dari DVD Windows 7 ke dalam FD kamu.
11.  Selamat, sekarang FD kamu siap digunakan untuk menginstal Windows 7
Nah, sekarang tinggal langkah pengisntalannya dech......... yang pentung! rubah dulu BIOS nya agar pembacaan pertama kali ada pada FD yang udah kamu rubah tadi.... Oce!
Selamat Mencoba.......!!!!!!!!
Load disqus comments

0 Coretan