- ,

PENGERTIAN VISI DAN MISI



Pengertian Visi secara sederhana menurut Burt Nanus sebagai gambaran masa depan suatu individu, kelompok, maupun organisasi yang realistis, kredibel, dan atraktif. Visi organisasi pada umumnya merupakan visi bersama (shared vision) yang berasal dar
i perpaduan visi-visi pribadi anggota organisasi, atau yang setidak-tidaknya merupakan visi yang disepakati oleh seluruh jajaran organisasi. Visi pribadi merupakan gambaran harapan atau cita-cita seseorang yang timbul dari perhatiannya yang mendalam terhadap sesuatu yang diyakininya baik yang mendorong tumbuhnya komitmen yang tinggi pada dirinya. Visi bagi organisasi mempunyai makna sebagai berikut:
  1. Memberi nilai tambah bagi kehidupan organisasi baik secara individu, kelompok maupun keseluruhan organisasi;
  2. Membangun komitmen diantara angkatan kerja organisasi untuk bergerak maju menuju masa depan yang lebih baik;
  3. Mengatasi ketakutan akan kegagalan usaha yang mengarah pada kemajuan dan perbaikan masa depan;
  4. Menantang setiap kemapanan dan status quo yang merugikan kelangsungan hidup organisasi.

Pengertian misi adalah suatu pengaturan komprehensif dan singkat mengenai tujuan suatu organisasi, program ataupun sub program. Menurut Instruksi Presiden No.7/1999 tentang AKIP menyebutkan bahwa misi adalah sesuatu yang harus diemban atau dilaksanakan oleh instansi pemerintah, sesuai yang ditetapkan, agar tujuan organisasi dapat terlaksana dan berhasil dengan baik. Dengan pernyataan tersebut, diharapkan seluruh pihak yang berkepentingan dalam suatu organisasi dapat mengetahui peran dan program-programnya serta hasil yang akan diperoleh di masa yang akan datang.
Kesimpulannya adalah, menurut Sandra Vandermerwe (1996), jika visi mengartikulasikan keinginan suatu institusi untuk menjadi apa, maka misi menyatakan apa yang harus dilakukan oleh organisasi tersebut dalam rangka mencapai visinya tersebut. Bila visi dan misi dari suatu organisasi dapat dilaksanakan dengan baik dan sungguh-sungguh maka tujuan-tujuan organisasi dapat dicapai dengan mudah dan lancer, dan tentunya hal ini memerlukan dorongan, dukungan, dan komitmen yang tinggi dari semua pihak yang berkepentingan dalam suatu organisasi terutama organisasi publik.

Beberapa contoh Visi dan misi :
Contoh Visi dan Misi OSIS :
VISI
Membentuk Siswa/Siswi berjiwa Pemimpin, Sopan dan Berahlakul Kharimah
MISI
  1. Tegas, sigap dan tanggap dalam menyelesaikan persoalan.
  2. Tegas, tangguh, tanggap, tanggon, tegar, tegap, teguh, terampil, terdidik, terpimpin dan mau memimpin dijadikan sebagai prinsip
  3. Mengeratkan tali persaudaraan, kekeluargaan, saling asah, saling asih dan saling asuh, selalu menjaga keharmonisan, kesopanan, kesederhanaan dan kewibawaan.
  4. Memberikan yang terbaik yaitu memberikan contoh yang terbaik
  5. Berpengetahuan karena selalu belajar dari pengalaman dan selalu menumbuhkan  semangat dengan selalu memotivasi
Contoh visi dan misi dalam sebuah organisasi
VISI
Terwujudnya manusia merdeka dalam pondasi nilai-nilai universal untuk membangun dunia yang adil, demokratis dan sejahtera.

MISI
Maula mempunyai enam misi yang merupakan konkretisasi dari konsepsi filosofis hingga tindakan konkret.
1. Mencari nilai-nilai universal dalam setiap komunitas sosial, suku, etnik, bangsa, dan agama. (basis filsafat)
2. Membangun titik temu dalam setiap komunitas yang majemuk demi terciptanya keharmonisan dan kerjasama antar sesama. (basis sosiologi)
3. Membentuk kelompok-kelompok strategis di tiap komunitas dengan prinsip kesetaraan dan transparansi untuk mewujudkan sistem yang integral. (basis politik)
4. Menjaga dan memperkuat jaringan dengan menciptakan basis-basis perkaderan demi kelangsungan transformasi nilai (basis ideologi)
5. Menyebarkan dan mempublikasikan nilai-nilai universal sebagai perekat kerjasama kepada sesama dan antar komunitas. (basis propaganda)
6. Mendukung sistem universal dengan memperkuat basis ekonomi yang mandiri di tiap komunitas (basis ekonomi).