Bid'ah?

Hahay..... pengen sekali-kali memberi komentar pada pendapat orang mengenai bid'ah nech, soalnya beberapa waktu yang lalu aku pernah mendengar pembicaraan yang membahas tentang bid'ah (lalu ane tidak begitu suka dengan arti yang mereka bicarakan itu), ane pikir ini penting untuk sekedar
mengingatkan kepada kita-kita yang belum mengetahui apa sich makna sebenarnya dari kata "bid'ah" sendiri?

Uye, tanpa panjang lebar, mari mulai di bahas..........

Ada banyak pendapat mengenai bid'ah sendiri, namun semua perbedaan itu tujuannya tetaplah satu. secara bahasa bid'ah yang di ambil dari kata bida' yaitu ikhtira' atau dalam bahasa kita orang indonesia yaitu mengadakan atau melakukan sesuatu yang belum ada contoh sebelumnya (bisa juga di bilang hal baru). tapi kalau menurut syari'ah bid'ah berarti mengadakan sesuatu yang tidak pernah di perintahkan oleh Rasulullah SAW.

Kemudian beda lagi kalau bid'ah dalam hal agama, hemat ane sendiri seperi sabda nabi berikut :
عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- مَنْ أَحْدَثَ فِى أَمْرِنَا هَذَا مَا لَيْسَ مِنْهُ فَهُوَ رَدٌّ
Artinya: “Siapa yang membuat hal baru dalam ajaran agama kami apa yang bukan bagian darinya, 
 maka perbuatannya itu tertolak.”

 
Dan dapat kita lihat keterkaitan antara hadist diatas dengan hadist dibawah yaitu mengenai niat dalam beribadah:
Artinya: “Sesungguhnya segala amalan ibadah itu tergantung dari niat.”

Ane pikir cuman segitu aja unek-unek yang bisa ane tulis, semoga sedikit pengetahuan diatas bisa merubah anggapan beberapa orang tentang bid'ah. yang hanya berkata "ini bid'ah"atau "itu bid'ah". ketahuilah bahwa kalau ente salah mengartikan bid'ah maka segala apa yang anda perbuat sekarang merupakan bid'ah.

!!!..........SELAMAT BERPIKIR .........!!!
Load disqus comments

0 Coretan