Bunga Male Dan Maulid Nabi Muhammad SAW



Bunga Male adalah Telur yang di hias (di warnai dan di beri hiasan berupa kertas-kertas dan sebagainya) kemudian telur di beri tangkai dari bambu, dengan cara diikatkan pada ujung tangkai
sehingga mirip dengan sebuah lampion (lampu yang biasa di gunakan kaum konghucu pada perayaan hari besarnya). dan telur-telur bertangkai itu dirangkai pada sebuah tempat (Pot dan sebagainya) sehingga akan terlihat seperti bunga yang indah.

Entah apa yang menginspirasi mereka yang membuat Bunga Male ketika Maulud Nabi Muhammad SAW, sebagian besar malah megadakan perlombaan yang kian meriah. Ane sendiri pernah dengar dari salah satu alasan dari pembuatnya, mereka beralasan kalau itu pernah di lakukan pada zaman Nabi sendiri, namun sepengetahuan ane sendiri kayaknya hal yang semacam itu tidak ada, kalau dinalar saja, kenapa gak dari dulu-dulu hal seperti ini diadakan, karena kegiatan pengadaan bunga male sendiri setahu ane baru beberapa tahun terakhir ini saja kog.

Hemat ane, Bunga Male itu lebih mirip dengan telur paskah, bedanya kalau telur paskah itu tanpa tangkai, tapi sama-sama di warnainya. Trus, ane juga pernah dengar sebuah hadit yang artinya (ane bukan penghapal hadits, jadi tidak bisa menuliskan lafadznya) kurang lebih artinya adalah "barang siapa yang menyerupai suatu kaum, maka ia akan tergolong kedalam kaum tersebut".

Selain karena sebab menyamai suatu kaum, Bunga Male sendiri lebih sering membuat "Kacau" kegiatan lainnya, bayangkan saja, ketika Kegiatan Merangkai Bunga Male sudah pada saat dimana karya itu akan di bagikan kepada semua orang, pastilah akan terjadi keributan besar, karena mereka (tidak hanya anak kecil, orang tuanya sekalipun tidak mau kalah) berebut untuk mendapatkan telur-telur itu, entah karena apa sehingga antusiasnya begitu besar untuk memperoleh telur itu.

Nah, Kalau sudah begitu, apa ya masih bagus? adanya kegiatan semacam ini?, ane sendiri sering berpikir, apakah kegiatan seperti ini wajar, karena saat ada pengajian misalnya, Bunga Male malah akan merusak tatanan/planing panitia yang telah tersusun baik sebelumnya. trus apa efek Positif yang bisa didapatkan? seandainya ada manfaatnya, apa coba?

Artikel diatas hanyalah pendapat seorang insan yang tidak ingin agamanya terlihat buruk, hanya karena tingkah-tingkah "konyol" tidak bermanfaat..Dan postingan Blog menjadi salah satu jalan yang paling mudah.... hohohoho.

Semoga bisa menjadi Inspirasi bagi ente-ente yang masih Ingin Mengkaji.

Load disqus comments

0 Coretan