Tentang Anti Virus

Sejak dari jaman dahulu hingga sekarang masih tetap pengertiannya kok, Antivirus merupakan sebuah program yang berfungsi dan bermanfaat untuk menjaga perangkat komputer, operating sistem dan data-data anda dari serangan virus
dan jika nanti Antivirus menemukan adanya virus di komputer anda, maka sudah pasti Antivirus akan langsung memusnahkannya.
Bolehkah lebih dari 1 Antivirus
Mungkin kita sering mendengar orang yang mengatakan bahwa jika ingin komputer kita lebih aman dan tentram dari gangguan virus, maka kita diharuskan untuk menginstall beberapa Antivirus. Namun disisi lain ada orang yang juga mengatakan bahwa menginstall lebih dari satu Antivirus dapat menyebabkan kegagalan sistem dan berakibat fatal untuk sistem komputer kita. Lhaa….terus yang benar yang mana nichhh…. ^_^

Bagaimanakah sebaiknya ? apakah kita perlu menggunakan 2 antivirus atau lebih dalam satu komputer ? ataukah kita harus menggunakan 1 Antivirus saja ? Berikut sedikit ulasan mengenai hal tersebut.

Sebenarnya jika tidak begitu diperlukan, tidak disarankan menginstall 2 Antivirus atau lebih, kecuali mungkin dengan antivirus lokal yang sekedar untuk membersihkan virus saja (scan manual). Dari vendor antivirus sendiri biasanya juga menyarankan untuk menggunakan satu antivirus saja.

Pertimbangkan Terlebih Dahulu
Jika memang ingin menginstall 2 antivirus atau lebih dalam satu komputer, mungkin harus dipertimbangkan beberapa hal seperti :
  1. Spesifikasi Komputer, pastikan CPU dan Memory (RAM) cukup. Bisa melihat kebutuhan minimal atau yang disarankan dari masing-masing antivirus.
  2. Pengguna bisa menangani jika dua-duanya mendeteksi virus.
  3. Kecocokan antara antivirus satu dan lainnya. Jika antivirus sudah memberikan peringatan tidak bisa atau tidak cocok dengan antivirus tertentu, maka jangan dipaksakan.
  4. Mana yang akan di berikan prioritas yang lebih tinggi.
  5. Dan mungkin juga perlu di baca informasi / penjelasan masing-masing antivirus.
Beberapa Antivirus yang bisa berjalan Bersamaan
Ada beberapa antivirus yang kadang bisa berjalan bersamaan dalam satu komputer dan tidak begitu bermasalah, kecuali mungkin pemakaian Memory / CPU yang bertambah. Dari pengalaman penulis sendiri, pernah mencoba AVG dengan Avira dan tidak mengalami masalah. Begitu juga ketika menambah Avast . Bahkan pernah mencoba ketiga-tiganya dan tidak menimbulkan masalah ke sistem, hanya saja kerja komputer terasa sangat lambat.

Demikian juga ketika mencoba avira dengan Rising antivirus, bisa berjalan tanpa masalah pada sistem, juga AVG dengan Smadav dan Pcmav. Untuk Antivirus lainnya silahkan anda mencoba dan merasakan sendiri, tetapi saran penulis gunakan salah satu Antivirus saja karena rata-rata Antivirus jaman sekarang tidak suka dimadu...hehehehehe.....!!!

Info lain dari situs sumber artikel ini Di Sini

Load disqus comments

0 Coretan