Hati-Hati Dengan Status Facebook Anda

Meskipun update status facebook memiliki beragam manfaat positif, akibat kesalahan penggunaan status yang sudah tidak proporsional, status facebook malah bisa memicu hal-hal negatif bagi si pemilik akun itu sendiri.

Ada beberap hal yang patut diwaspadai oleh para pengguna facebook terkait kebiasaan mereka meng-update status facebook, diantaranya sebagai berikut;
1. Awas privasi Anda tergadai
Banyak orang tanpa malu dan segan mengungkapkan hal-hal yang bersifat terlalu pribadi dari diri mereka di sebuah status facebook. Hubungan yang kurang harmonis dengan sesama keluarga sendiri pun terkadang di update di status facebook.
Kondisi-kondisi pribadi, aktivitas pribadi, perasaan terdalam bahkan hubungan dengan suami dan istri pun bisa jadi di update di status facebook. Update status facebook yang bersifat terlalu pribadi akan membuat orang lain mudah menerjemahkan kepribadian kita.
Bukan hanya itu, hal-hal yang bersifat aib terkadang tanpa sadar menjadi bahan konsumsi publik, hal yang seharusnya tidak terjadi karena akan mempermalukan diri Anda sendiri.
2. Hati-hati tercipta permusuhan
Ada orang yang terlalu gamblang mengungkapkan perasaan yang dialaminya di sebuah status facebook. Bahkan saat ia bertengkar dengan musuhnya ia ungkapkan di status.
Hal ini akan memicu berbagai hal negatif lainnya, misalnya orang yang Anda ceritakan dalam status Anda merasa tidak terima, maka terjadi perang komen di sebuah status facebook.
Atau dapat juga terjadi hal-hal buruk jika Anda meng-update status yang berisikan kalimat-kalimat yang menyinggung SARA. Ingat bahwa facebook merupakan ruangan global, siapa pun bisa melihat Anda sewaktu-waktu melalui sebuah status facebook.
3. Waspadai tindak kriminal
Jangan terlalu sering update status facebook menyangkut keberadaan Anda suatu waktu. Hal tersebut akan dimanfaat oleh para penjahat untuk melakukan tindak kriminal terhadap diri dan rumah yang Anda tinggalkan.

oleh Rahadian Blog's
Load disqus comments

0 Coretan